Minggu, 09 Desember 2012

PEMBELAJARAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI

-->
PEMBELAJARAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI
Dari susut bahasa sains berarti pengetahuan yang berasal dari bahasa Latin.Tetapi pernyataan tersebut  terlalu luas untuk dimengerti untuk itu perlu dimunculkan etimologi lainnya.Secara konseptualterdapat sejumlah bahasan mengenai arti kata sains sesungguhnya.
a.    Amien (1987) mendefinisikan sains sebagai bidang ilmu alamiah dengan ruang lingkup zat dan energy baik yang terdapat pada makhluk hidup maupun tak hidup lebih banyak mendiskusikan tentang alam .
b.    James conan (1958) mendefinisikan sains sebagai suatu deretan konsep serta skema konseptual yang berhubungan satu sama lainyang tumbuh sebagai hasil serangkaian percobaan dan pengamatan serta dapat diamati dan diuji coba lebih baik.
c.    Abu hamidi (1991) memberikan pengertian sains sebagai ilmu teoritis yang didasarkan atas pengamatan ,percobaan percobaan terhadap gejala alam berupa makrokosmos dan mikrokosmos
d.    Fisher mengartikan sains itu sebagai pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan metode metode yang berdasarkan pada pengamatan dengan penuh penelitian

Dari uraian diatas dapat ditarik pengertian sains secara substansial bahwa sains adalah dipandang sebagai suatu proses maupun hasil atau produk serta sebagai sikap. Gamabaran tentang batasan dari sains sebagai proses sebagai prduk dan sebagai sikap akan dijelaskan sebagai berikut:
Pertama , sains sebagai suatu proses adalah suatu metode untuk memperoleh pengetahuan . Kedua sains sebagai suatu produk  terdiri dari berbagai fakta , konsep , prinsip hokum dan teori . Ketiga sains sebagai suatu sikap atau dikenal sebagai istilah keilmuan maksudnya adalah berbagai keyakinan opini dan nilai nilai yang harus dipertahankan oleh seorang ilmuan khususnya ketika mencari atau mengembangkan pengetahuan baru.
1.     Siapakah  ilmuan itu?
Ilmuan merupakan padanan kata dari scientist yang diambil dari istilah dalam bahasa inggris.seseorang dapat dikatakan sebagai saintis dapat dilihat dari berbagai  aspek sebagai berikut :
·         Dari cara kerja dalam menyingkap alam dan menyelesaikan permasalahan . seseorang dapat dikatakan sebagai saintis apabila cara kerja dia dalam mengenal menggali dan mengungkapkan sesuatu  yang terkait dengan alam ini dan segala permasalahannya mengikuti proses alamiah dengan kata lain menggunakan metode ilmiah.
·         Dari kemampuan menjelaskan hasil dan cara memperolehnya , kemampuan seseorang dapat dikatakan sebagai ilmuan dilihat dari bagaimana ia menjelaskan dan bagaimana cara ia mendapatkannya.
·         Dari sikap terhadap alam dan permasalahan yang dihadapinya . untuk dapat melakukan cara kerja yang sesuai dengan prosedur dan metode sains serta dapat menghasilkan sesuatu dengan keinginannya . beberapa indicator yang dapat dijadikan ukuran melekat atau tidaknya sikap sikap sebagai saintis diantaranya :
v  Memilki hasrat ingin tau yang tinggi
v  Memiliki sikap yang tidak mudah putus asa
v  Memilki sikap keterbukaan untuk dikritik dan diuji
v  Memilki sikap menghargai dan menerima masukan
v  Sikap jujur
v  Sikap kritis
v  Sikap kreativ
v  Sikap positif terhadap kegagalan
v  Rendah hati

2.    Kita , anak dan sains
Banyak ahli yang telah menyelidiki bagaimana konsep dan batasan sains ditinjau dari sudut anak , diantaranya menurut Carson sains adalah segala sesuatu yang menakjubkan sesuatu yang ditemukan dan dianggap menarik serta member pengetahuan atau merangsangnya mengetahui dan menyelidikinya .



                                                        
 







                                                                                                           





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini