Kamis, 22 November 2012

PENTINGNYA PEMBELAJARAN KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI

PENTINGNYA PEMBELAJARAN KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI

Di zaman modernisasi dan globalisasi ini siapa yang tidak kenal dengan komputer. Sebuah benda yang dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam hal pengetikan dan hal lainnya. Berbagai umur telah mencoba untuk mengoperasikannya walaupun itu anak usia dini. Bagi anak usia dini lebih banyak dilakukan untuk bermain game.seperti yang sudah sama sama kita ketahui pembelajaran anak usia dini hendaklah kreatif dan menyenangkan baginya. Komputer adalah salah satu media yang dapat kita pakai.
Sulit rasanya membayangkan kehidupan masa kini tanpa komputer. Tak heran kalau orang tua merasa perlu memperkenalkan anak pada komputer sejak dini agar anak tak tertinggal pesatnya perkembangan teknologi informasi. Orang tua menyadari, tantangan masa depan pasti akan lebih dinamis dan kompetitif.
Saat ini belajar komputer bagi anak menjadi suatu kewajiban. Tentu saja ini kurang tepat, karena belajar komputer seharusnya dilakukan tanpa paksaan agar menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak. Namun yang jelas, bisa mengoperasikan komputer telah menjadi realitas penting yang tak bisa dibantah.
Keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak diantaranya:
·         Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.
·         Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik.
·         Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.
Selain manfaat positif, tentu saja ada risiko dampak negatif komputer pada anak. Bisa jadi ia lebih senang duduk di depan komputer seharian daripada melakukan hal-hal lain. Di sinilah peran Anda untuk menyeimbangkannya dengan kegiatan lain. Jadi, anak tetap terasah kemampuannya di bidang lain, seperti keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi.
Contoh game yang telah saya analisis untuk pengembangan pembelajaran komputer anak:
CHILDSPLAY
         Childsplay adalah kumpulan aktivitas pendidikan untuk anak-anak dan berjalan pada Windows, OSX, dan Linux. Childsplay dapat digunakan di rumah, taman kanak-kanak dan pra-sekolah.
         Childsplay menyenangkan dan menyediakan cara untuk membiarkan anak-anak menggunakan komputer dan pada saat yang sama mengajari mereka sedikit matematika, huruf dari Abjad, ejaan, koordinasi mata-tangan dll. Childsplay adalah bagian dari proyek schoolsplay.org.
         Permainan chidsplaay terdiri dari berbagai pilihan permainan yang dirancang untuk anak usia dini.
*      Mengenal suara binatang
*      Menyusun puzzle sederhana
*      Bermain bilyard sederhana
*      Mengenal angka dan operasi dalam matematika
*      Mengelompokan suara yang sama


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini